Stok di PMI Menipis, KSAD Kerahkan Prajurit TNI AD Untuk Donor Darah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id,– Pandemi Covid-19 di Indonesia turut mempengaruhi stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI). Perlahan stok darah semakin menipis, sehingga dibutuhkan donor darah dari masyarakat yang sehat.

Terkait hal itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa telah mengintruksikan prajuritnya untuk menggelar donor darah. Dengan begitu, persediaan darah di PMI bisa ditambah.

“Seluruh prajurit, jangan pernah ragu atau segan mendonorkan darah kalian, karena jiwa dan raga kita untuk negara dan masyarakat,” ujar Andika kepada wartawan, Selasa (14/4).

Andika menilai, pandemi Covid-19 sudah menjangkit ribuan warga. Oleh karena itu, semua pihak harus saling bahu membahu menyelesaikan wabah ini. Sebagai prajurit negara, TNI pun berkepentingan turut serta di dalamnya.

Donor darah kali ini diikuti oleh prajurit dari Direktorat Zeni Angkatan Darat (Ditziad) Resimen Zeni Konstruksi (Menzikon), Batalyon Zeni Konstruksi (Yon Zikon) 11, 13, dan 14.

Sementara itu, Dirziad Brigadir Jenderal TNI Mohammad Munib mengatakan, PMI membutuhkan 1.200 kantong darah setiap harinya. Namun, dalam kegiatan donor darah yang digelar di Graha Zeni itu, PMI hanya membawa sekitar 150 kantong.

Oleh karena itu, dia berpesan kepada para prajurit agar tidak ragu dan takut mendonorkan darahnya. Pasalnya, selain bisa membantu masyarakat, kegiatan ini juga akan membuat tubuh pendonor lebih sehat.

“Donor darah sangat bermanfaat bagi lingkungan, orang lain, dan yang terpenting bagi diri sendiri agar semakin sehat,” tambah Munib.

Lebih lanjut, dia berpesan kepada tenaga medis agar tetap bersemangat sebsgai garda terdepan melawan korona. “TNI AD bersama kalian. Kami mendoakan, semoga tim medis sehat dan selamat membantu saudara-saudara kita yang saat ini terpapar virus Korona,” pungkas Munib. (jp)

  • Dipublish : 14 April 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami