SulSel Butuh Helikopter Evakuasi Bencana

Ilustrasi: Helicopter. (pixabay)
Ilustrasi: Helicopter. (pixabay)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAKASSAR – Pemprov Sulsel akan membeli satu unit helikopter, tahun depan. Bappeda kini mengkaji kebutuhan anggaran pengadaan maupun operasionalnya.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, pengadaan helikopter sangat penting. Hasil rapat muspida Sulsel, mengusulkan pengadaan satu unit helikopter untuk evakuasi bencana.

Dengan wilayah Sulsel yang luas serta berkaca pada bencana di 11 kabupaten beberapa waktu lalu, kata Nurdin, helikopter sangat dibutuhkan. Tanpa angkutan udara tersebut, sulit melakukan evakuasi hingga membawa logistik.

“Seperti kejadian di Gowa, yang desanya terisolasi. Dengan wilayah seluas ini, kalau bencana kita pakai apa (untuk evakuasi)?,” tutur mantan bupati Bantaeng dua periode tersebut kepada FAJAR, Minggu, 15 September.

Pengadaan helikopter akan dilakukan pada APBD 2020. Bukan penyewaan, tetapi pembelian satu unit untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Semua Muspida sudah tanda tangan sebagai bentuk persetujuan pengadaan.

Nurdin mengemukakan, pengadaan ini tidak ada hubungannya dengan gubernur. Melainkan untuk bencana. “Itu (helikopter) bukan untuk gubernur. Kalau gubernur, banyak kita bisa gunakan,” tambahnya.

Plt Kepala Bappeda Sulsel, Rudy Djamaluddin mengatakan, helikopter sudah menjadi kebutuhan. Dia sementara mengestimasi kebutuhan biaya pengadaan satu unit helikopter.

Soal anggaran, pria yang juga menjabat kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel ini belum menetapkannya. Belum ada penetapan anggaran. Mereka masih melihat beberapa jenis yang cocok digunakan.

“Ini kebutuhan, saya bukan ahli helikopter, jadi belum estimasi. Bayangkan kalau gubernur mau ke Luwu, terus ke daerah lain,” ungkap pria yang juga guru besar Fakultas Teknik Unhas tersebut.

(*)

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 16 September 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami