Surabaya Menolak, Pelindo III Pastikan MV Viking Sun Tak akan Singgah

ILUSTRASI. Kapal pesiar berbendera Norwegia MV Viking Sun ditolak masuk Surabaya. (dok. Antara photo)
ILUSTRASI. Kapal pesiar berbendera Norwegia MV Viking Sun ditolak masuk Surabaya. (dok. Antara photo)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

SURABAYA,- Kapal pesiar MV Viking Sun dipastikan tak akan singgah di Surabaya Jawa Timur setelah adanya surat penolakan dari pemerintah kota setempat. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) menyampaikan, penolakan tersebut muncul karena kekhawatiran penularan virus korona (Covid-19).

Vice President Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata menyebut, kapal pesiar berbendera Norwegia itu mengangkut 400 orang kru dan 800 penumpang. Setelah sebelumnya singgah di berbagai negara, MV Viking Sun dijadwalkan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jumat (6/3).

“Kemarin kami menerima surat penolakan kunjungan kapal pesiar MV Viking Sun dari Pemerintah Kota Surabaya,” kata Wilis dikutip dari Antara, Jumat (6/3).

Wilis menjelaskan, saat tiba di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), diinformasikan terdapat dua penumpang kapal pesiar MV Viking Sun diduga tertular Covid-19. Sebelumnya, kapal tersebut singgah di Australia.

Dua penumpang MV Viking Sun yang diinformasikan suspect Covid-19 itu terdeteksi oleh petugas dari Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat yang memeriksa di atas kapal sebelum masuk ke pelabuhan.

Kapal pesiar MV Viking Sun diketahui sebelumnya berlayar dari Darwin, Australia, serta menjalani rute tujuan Labuhan Bajo dan Semarang, Jawa Tengah. Setelah mendapat kepastian kunjungannya ditolak di Surabaya, rencananya akan singgah di Bali.

Sebagai informasi, sebanyak 124 unit kapal pesiar berkunjung di berbagai pelabuhan Pelindo III sepanjang 2019. Sementara tahun ini, Pelindo III menerima konfirmasi setidaknya ada 79 kapal yang akan merapat. MV Viking Sun adalah kapal pesiar kelima yang singgah di berbagai pelabuhan Pelindo III. (jp)

  • Dipublish : 6 Maret 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami