Tak Patut Ditiru, Pengurus Masjid Di Bekasi Justru Usir Warga Yang Salat Pakai Masker

Seorang warga yang menggunakan masker dilarang salat oleh pengurus Masjid Al Amanah di Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat. (Istimewa)
Seorang warga yang menggunakan masker dilarang salat oleh pengurus Masjid Al Amanah di Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat. (Istimewa)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Jaringanmedia.co.id – Ditengah upaya pemerintah menekan laju kasus Covid-19 ditanah air dengan terus mensosialisasikan protokol kesehatan,  Sebuah video viral dimedia sosial justru memperlihatkan seorang warga terlibat cekcok dengan 3 orang pria yang mengatasnamakan pengurus Masjid Al Amanah di Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat. Perdebatan terjadi karena pengurus masjid melarang seorang warga yang hendak salat memakai masker.

Salah seorang pria dalam video itu diketahui bernama Abdurohman. Dia melarang warga salat di masjid memakai masker. Dia meminta warga tersebut untuk segera pergi.

Warga tersebut terus berusaha menolak usiran pengurus masjid. Dia beralasan hanya mengikuti anjuran pemerintah dalam memanggulangi pandemi Covid-19.

Perdebatan alot pun terjadi. Abdurohman bahkan sempat mengutip Surat Ali Imran ayat 96 dan 97 di dalam Alquran sebagai dasar melarang warga salat memakai masker. Namun, kedua ayat itu tidak ada yang berkaitan dengan larangan memakai masker saat salat. Ayat 96 berkaitan dengan pembangunan awal Baitullah di Mekkah, Arab Saudi. Sedangkan ayat 97 berkaitan dengan kewajiban ibadah haji bagi warga yang mampu.

BACA JUGA:  Tegas kemenag imbau tempat ibadah tak Patuh prokes ditutup 

Kapolsek Medan Satria, Kompol Agus Rahmat membenarkan adanya cekcok warga dengan pengurus masjid gara-gara memakai masker saat salat. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (27/4) lalu.

“Itu betul, begitu ada laporan saya langsung ke sana,” kata Agus saat dihubungi, Senin (3/5).

Kedatangan petugas dalam rangka menengahi konflik yang terjadi supaya diselesaikan secara baik-baik. “Setelah salat tarawih dia langsung datang ke polsek, pada saat itu kami mediasi langsung,” jelasnya.

Menurut Agus, peristiwa semacam ini sebelumnya juga pernah terjadi di Masjid Al Amanah. Polisi juga sudah pernah memberikan pemahaman kepada pengurus masjid terkait kondisi pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia termasuk Indonesia.

“Dia itu punya keyakinan, ada hadist bahwa di masjid tidak boleh menggunakan masker seperti itu, dan itu setelah kita kasih pemahaman waktu itu sempat ada perubahan, terus ada kejadian kemarin saya kaget juga,” pungkas Agus. (jpg/jm)

  • Dipublish : 3 Mei 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami