Tedros Isolasi Mandiri, WHO Pastikan Kantor Jenewa Aman dari Covid-19

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus melakukan karantina sendiri setelah melakukan kontak dari seseorang yang positif Covid-19. (FABRICE COFFRINI / AFP)
Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus melakukan karantina sendiri setelah melakukan kontak dari seseorang yang positif Covid-19. (FABRICE COFFRINI / AFP)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JaringanMedia.co.id – Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus melakukan karantina sendiri setelah melakukan kontak dari seseorang yang positif Covid-19. Dia memastikan tak ada penularan kasus di markas besar badan tersebut di Jenewa.

Tedros yang berusia 55 tahun berkicau Minggu malam bahwa dia dalam kondisi sehat dan tanpa gejala. Akan tetapi, dirinya akan melakukan karantina sendiri sejalan dengan protokol WHO dan bekerja dari rumah.

Kendati demikian, protokol saat ini tidak mengharuskan Tedros untuk diuji. Pengujian akan dilakukan jika ada gejala.

WHO menindaklanjutinya pada hari Senin (2/11). “Bertentangan dengan beberapa laporan yang salah, @DrTedros belum dites positif untuk #COVID19,” kata WHO.

Tedros dan WHO tidak mengidentifikasi siapa kontak erat yang dites positif itu. Berbicara pada briefing rutin WHO, Kepala Teknis WHO untuk Pandemi Covid-19 Maria Van Kerkhove,
mengatakan tidak ada penularan virus di WHO.

“Kami tidak memiliki transmisi apa pun yang terjadi di kantor kami. Tapi tetap kami pantau setiap hari,” tegasnya seperti dilansir dari Inquirer, Selasa (3/11).

Karantina mandiri yang dilakukan Tedros menyoroti risiko dan tantangan yang dihadapi organisasi itu sebagai kantor badan PBB yang dipenuhi dengan pakar medis, ilmuwan terkenal, dan spesialis virus.

Kepala Kedaruratan WHO Dr. Mike Ryan, mengatakan, staf yang memasuki kantor selama ini menjalani pemeriksaan suhu yang ketat pada saat kedatangan, diminta untuk menyatakan status kesehatan mereka setiap hari. “Ini bukanlah situasi tanpa risiko. Kami telah mengatakannya berulang kali, tidak ada saat ini, tidak ada lingkungan di dunia tanpa risiko,” tegas Ryan.

Kasus Covid-19 memang telah meningkat di Jenewa, di mana pembatasan yang lebih ketat diumumkan pada Minggu (1/11) untuk mengekang penyebaran virus. Lebih dari 1.000 kasus baru telah dicatat setiap hari. (jp)

  • Dipublish : 3 November 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami