Terapkan Batas Usia, 70 Persen CJU Ditunda Keberangkatan Umrah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

MAKASSAR– Di tengah pandemi Covid-19, sebanyak 70 persen dari total 32.494 Calon Jamaah Umrah (CJU) Provinsi Sulawesi Selatan dipastikan keberangkatannya akan ditunda untuk melaksanakan Ibadah Umrah.

Lantaran kebijakan batas usia yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi, sehingga mengharuskan para calon jamaah yang tidak memenuhi syarat usia diminta untuk bersabar hingga adanya kebijakan selanjutnya.

Sebelumnya Pemerintah Arab Saudi telah membuka akses perjalanan Ibadah Umrah pada 1 November kemarin.

Meski dibuka, kebijakan dan peraturan yang sudah ditetapkan, nampaknya semakin ketat, salah satunya pembatasan usia bagi calon jamaah yakni minimal berusia 18 tahun dan maksimal 50 tahun.

“Kondisi dan kebijakan ini yang mau tidak mau calon jamaah tertunda untuk diberangkatkan,” kata Bendahara Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) DPD Sulampua, Suryadin Tosin, saat menggelar rapat koordinasi di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (2/11/2020).

Sementara, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengimbau agar para asosiasi penyelenggara perjalanan Ibadah Umrah tetap mematuhi aturan yang berlaku dan meminta agar kondisi tersebut dapat dikomunikasikan dan disosialisasikan kepada para calon jamaah.

“Jangan sampai euforia mereka bahwa ketika akses ibadah umrah dibuka mereka bisa bebas, pasti ada beberapa aturan yang harus dipatuhi misalnya memilih kriteria yang akan diberangkatkan, harus melakukan swab, serta kapasitas penumpang pesawat dan hotel pasti berkurang,” ungkapnya.

Lebih jauh, Andi Sudirman Sulaiman meminta kepada Kementerian Agama Bidang Haji dan Umrah Provinsi Sulsel untuk membuat buku panduan protokol kesehatan yang lengkap agar dapat digunakan jamaah saat menjalankan umrah.

“Ini sebagai upaya kita untuk menjamin keselamatan para jamaah ketika mereka beribadah,” bebernya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap agar calon jamaah yang keberangkatannya ditunda untuk lebih bersabar dan menunggu kebijakan selanjutnya. (Anti/fajar)

  • Dipublish : 2 November 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami