Tertinggi 5 Tahun Terakhir, Realisasi Belanja APBN Sulsel 2020 Rp25,24 Triliun

ILUSTRASI
ILUSTRASI
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

MAKASSAR — Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulsel menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pelaksanaan Anggaran. Kegiatan ini dilaksanakan guna membahas capaian kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2020.

Acara tersebut digelar di Aula Lantai 6 Gedung Keuangan Negara (GKN) II Makassar, Selasa (6/4). Dihadiri Kuasa Pengguna Anggaran Satker dan Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggran I Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulsel.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulsel, Syaiful menyampaikan, bahwa ditengah pandemi Covid-19, tingkat realisasi belanja K/L sampai dengan akhir tahun 2020 di Sulsel mencapai 95,16 persen atau sebesar Rp25,24 triliun dari pagu belanja Rp26,52 triliun.

Capaian tahun 2020 merupakan capaian tertinggi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dengan rata-rata tingkat realisasi mencapai 91,74 persen dari alokasi pagu DIPA.

“Peningkatan capaian realisasi tahun 2020, diantaranya diterbitkannya beberapa regulasi terkait pembayaran dalam masa pendemi Covid-19,” kata Syaiful dihadapan peserta Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 yang diselenggarakan secara luring dan daring, Selasa (6/4).

Syaiful menjelaskan, Rakorda ini membahas bergabai permasalahan yang dihadapi, juga kebijakan/langkah-langkah yang diperlukan dalam meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada satker dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik tahun 2020.

Penghargaan tersebut dibagi dalam tiga kategori, yaitu Satker Kategori Pagu Besar (Pagu diatas Rp100 miliar), Satker Kategori Pagu Sedang (Pagu di atas Rp10 miliar s.d Rp100 miliar), dan Satker Kategori Pagu Kecil (Pagu s.d 10 miliar).

Penerima penghargaan kategori pagu besar diraih oleh Satker Korem 141/Toddopuli DAM XIV/Hasanuddin, Satker Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, dan Satker Penyediaan Perumahan Provinsi SulawesiSelatan.

Penerima penghargaan kategori pagu sedang diraih oleh satker Ditpolairud Polda Sulsel, satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan, dan satker Polres Sinjai.

Terakhir penerima penghargaan kategori pagu kecil diraih oleh satker Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Baddoka, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara, dan Pengadilan Negeri Maros.

Syaiful berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk evaluasi dan pembelajaran bagi seluruh Satker atas pelaksanaan anggaran tahun 2020 dan benar-benar siap untuk mengimplementasikan langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2021. (tam/eds/fajar)

  • Dipublish : 6 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami