Tiga WNI Positif Virus Korona

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri mengabarkan ada tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus corona. Ketiganya diketahui terjangkit di kapal pesiar Diamond Princess. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, tiga orang tersebut merupakan bagian dari 78 WNI yang menjadi kru kapal. Dikabarkan ketiganya positif menderita COVID-19.

Berdasarkan komunikasi terakhir, termasuk pembicaraan dengan Dubes Jepang, diperoleh info bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirmed. “Dapat saya sampaikan bahwa total orang yang ada di dalam kapal tersebut jumlahnya adalah 3.711. Terdiri dari 2.666 penumpang dan kru 1.045. Mereka berasal dari 56 negara,” kata Retno di Kantor Kemenlu, Jakarta, Selasa (18/2).

Dari tiga WNI yang sudah dinyatakan confirmed, dua di antaranya dibawa ke RS di kota Chiba, Jepang. Sementara yang satu sedang menjalani proses untuk menuju ke rumah sakit. “Per detik ini saya belum dapat menyampaikan satu WNI itu dibawa ke rumah sakit mana,” imbuh Retno. Menurutnya, tim KBRI kemungkinan sudah berada di Chiba, “Mereka akan memastikan WNI mendapatkan penanganan yang baik dari otoritas di Jepang,” imbuhnya.

Sementara itu, KBRI di Tokyo juga terus melakukan komunikasi dengan para kru WNI di dalam kapal. Ia mengaku telah melakukan komunikasi per telepon dengan kru kapal WNI yang menjadi bagian dari kapal pesiar tersebut. “Kita sampaikan mengenai perhatian pemeritnah yang besar. Saya menyampaikan pembicaraan dengan otoritas di Jepang untuk memberikan perhatian pada kru kapal dari Indonesia,” bebernya.

Seperti diketahui, Diamond Princess dikarantina pemerintah Jepang di Yokohama sejak awal Februari lalu. Hal ini lantaran salah satu penumpang yang turun di Hong Kong didapati terinfeksi Corona. Selanjutnya, dari 75 WNI yang berada di dalam kapal masih berusaha untuk dievakuasi. “Opsi evakuasi sejak awal dibuka dan kita terus-menerus koordinasi dengan otoritas di Jepang. Termasuk dengan perusahaan kapal tersebut,” tukasnya.

Ia memastikan, pihaknya telah berkomunikasi dengan keluarga para WNI tersebut termasuk dengan 3 WNI yang terjangkit virus corona. “Engagement dengan pihak keluarga dari 3 WNI terkonfirm tersebut sudah dilakukan,” ucap Retno.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Intan Fauzi meminta pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melakukan pendampingan secara intens kepada tiga WNI yang positif terkena virus corona. “Harus ada pendampingan dari pemerintah terhadap warga kita, dalam hal ini KBRI di Jepang, Tokyo,” kata Intan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2).

Menurut Intan, penanganan tiga WNI tersebut harus berbeda dengan ratusan WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Cina. Menurutnya, pemerintah harus berkoordinasi dengan otoritas terkait. Dia menyarankan agar 3 WNI itu ditangani terlebih dahulu di Jepang, hingga dinyatakan terbebas dari virus corona. “Jadi peran aktif dari pemerintah harus dilakukan. Terus lakukan pendampingan. Kalau sudah dinyatakan sehat dan layak terbang, bisa dipulangkan ke Indonesia,” tuturnya. (khf/fin/rh)

  • Dipublish : 19 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami