UE Beri Pendanaan untuk Perguruan Tinggi Indonesia

Ilustrasi
Ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Uni Eropa (UE) memberikan program pendanaan melalui Erasmus Plus untuk institusi perguruan tinggi di Indonesia. Adapun program yang Erasmus Plus tawarakan, terdapat tiga jenis.

Tiga program yang ditawarkan Erasmus Plus tersebut adalah Capacity Building in Higher Education (CHBE), Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD), dan Jean Monnet dan International Mobilty (ICM).

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket mengatakan, program ini terbuka untuk semua negara, termasuk Indonesia. Menurutnya, UE dan pemerintah Indonesia mempunyai visi yang sama untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pendidikan tinggi.

“Kami berkomitmen untuk mendukung Indonesia mencapai agenda tersebut,” kata Vincent, Jumat (29/11)

Vincent menuturkan, program UE ini akan membantu Indonesia dalam mencapai target nasional. Seperti menyelaraskan perkembangan keterampilan di pendidikan tinggi dengan kebutuhan industri, membuka lebar akses pendidikan tinggi agar lebih inklusif dan meningkatkan jangkauan sosial.

“Kemudian mendorong kapasitas inovasi pendidikan tinggi dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi pendidikan tinggi,” ujarnnya.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Kerja sama Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemendikbud), Purwanto Subroto berharap, Erasmus Plus tidak hanya mendorong perguruan tinggi Indonesia dalam membangun pengalaman internasional, tapi juga memberi pengalaman internasional di dalam negeri.

“Kami berharap dapat melihat kesempatan yang lebih luas bagi program-program mobilitas yang bersifat dua arah, resiprokal dan saling menguntungkan kedua pihak,” katanya.

(der/fin)

  • Dipublish : 30 November 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami