Uji Coba ATM Beras di Sulsel, Tahap Awal Operasikan Empat Unit

Dok. Foto JawaPos.com
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAKASSAR–Pemprov Sulsel menggagas hadirnya ATM Beras untuk masyarakat kurang mampu. Rencana tersebut sudah ditindaklanjuti dengan menyusun rencana aksinya.

Pemprov Sulsel sudah memesan empat unit ATM beras dari Bandung. ATM tersebut sudah tiba dan disimpan di Kantor Gubernur Sulsel untuk dipersiapkan penggunaannya.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sulsel, H Suherman mengatakan, kehadiran empat unit ATM beras tersebut untuk uji coba tahap awal.“Dalam waktu dekat akan kita operasikan,” jelas lelaki yang akrab disapa H Herman itu di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (21/8).

Rencananya, empat ATM beras itu akan ditempatkan di lokasi strategis yang mudah dijangkau seperti di masjid. Dia menerangkan, masyarakat kurang mampu yang terdata, nantinya akan diberikan kartu seperti ATM yang bisa digunakan untuk mengambil beras. Kriteria penerima kartu tersebut, mengacu pada masyarakat yang masuk dalam daftar Program Keluarga Harapan (PKH) yang datanya dikeluarkan Dinas Sosial.

“Tapi untuk tahap pertama, masih akan terbatas yang menerima. Karena kan baru empat unit. Kita akan saring siapa yang betul-betul membutuhkan,” ungkapnya.

Lebih jauh dia kemukakan, ATM beras tersebut nantinya juga bisa digunakan masyarakat mampu untuk menyalurkan bantuan berasnya.

“Misalnya ada masyarakat mampu yang ingin bantu warga kurang mampu, bisa memasukkan beras ke ATM secara mandiri. Tapi soal teknisnya ke depan, masih akan kita mantapkan terlebih dahulu,” jelas H Herman.

ATM beras itu diperkirakan bisa menampung hingga 200 kg beras. Satu unit alat tersebut dibeli seharga Rp48 juta.

Warga penerima bantuan juga tidak sembarangan bisa mengambil beras. Ada waktu-waktu tertentu yang sudah diatur. Misalnya dalam seminggu, ada hari tertentu, penerima bisa menggunakan ATM itu agar penerima tidak menumpuk mengambil jatah beras yang diberikan. Selain itu, tidak beroperasi 24 jam. Namun hanya pada siang hari.

Gagasan untuk menghadirkan ATM beras ini sudah ada sejak awal HM Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman memimpin Sulsel.

Sebelum memutuskan untuk melaksanakan program ini, Pemprov Sulsel sudah melakukan studi banding ke beberapa wilayah di Indonesia yang juga menerapkan program tersebut.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pun secara khusus mengunjungi percontohan ATM Beras di Lokasinya di Masjid Jami’ At Taibin, Senen, Jakarta Pusat belum lama ini.

Andi Sudirman mengatakan, pihaknya ingin agar ATM Beras bisa secepatnya terealisasi di Sulsel.

“Saya sudah diskusikan untuk membentuk bank beras, atau ATM beras, yang akan didistribusikan kepada yang membutuhkan. Kita akan buat kartu penerima, juga berfungsi sebagai ATM beras. Nanti kita programkan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Laboratorium Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Iskandar, merespon keinginan Wagub Sulsel untuk membangun ATM Beras tersebut. (BKM)

 

 

Sumber: fajar.co.id

  • Dipublish : 22 Agustus 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami