UNBK, Siswa Cuci Tangan saat Masuk Kelas

STERIL: Siswa kelas XII mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 3 Jogja (16/3).
STERIL: Siswa kelas XII mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 3 Jogja (16/3).
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, JOGJA – Merebaknya Covid-19 tidak menghalangi pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2020 tingkat SMK. SMKN 5 Jogja tetap melaksanakan UNBK sesuai prosedur pendidikan menengah, Senin(16/3).

Kepala Sekolah SMKN 5 Jogja Yusuf Supriyanto mengatakan, hari pertama UNBK mengalami kendala meski tidak signifikan. Waktu pelaksanaan sempat molor 30 menit dari yang seharusnya dimulai pukul 07.30. “Karena tokennya lambat, baru keluar setengah jam setelahnya,” kata Yusuf.

Pelaksanaannya dilakukan dua shift yakni pukul 07.30-09.30 dan shift kedua pukul 10.00-12.00 dengan total 399 peserta ujian yang terbagi dalam tujuh ruang ujian. Pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini dilaksanakan sesuai protokol lantaran dibarengi merebaknya virus korona. “Sebelum masuk ruangan, peserta ujian cuci tangan di wastafel. Sebelum ada korona, kami  sudah sediakan, cuma ini lebih untuk dibiasakan ke siswa,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada kekhawatiran yang berarti ketika sekolah tidak diliburkan secara khusus untuk mencegah potensi penularan Covid-19. Karena beberapa agenda yang berpotensi mengumpulkan massa juga telah ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. “Kegiatan sekolah sesuai edaran kami jadwal ulang seperti kemah, pameran, dan bursa kerja,” jelasnya.

UNBK dilaksanakan empat hari hingga Kamis (19/3). Ditambah tiga hari ujian kompetensi kejuruan untuk kelas 12. Sedangkan kelas 10 diliburkan karena masa UNBK ini dan kelas 11 masih dalam masa praktik kerja lapangan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Jogja Suprihandono mengatakan, UNBK tetap dilaksanakan sesuai jadwal meski ada kebijakan atau intruksi kepada sekolah Muhammadiyah/Aisyah se-Kota Jogja untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar. “Kami tetap UNBK, masuk sesuai jadwal untuk kelas 12,” katanya.

Dia menjelaskan bagi siswa kelas 11 kebijakan sesuai dengan lokasi praktik industri di dunia usahanya masing-masing. Kelas 10 diliburkan karena adanya UNBK. Sekolah ini juga memiliki standar khusus ketika akan memasuki lokasi sekolah bagi peserta ujian maupun seluruh warga sekolah.

Selama UNBK para siswa dan seluruhnya memasuki lokasi sekolah melalui pintu hall utama. “Hall utama sebelum memegang handel pintu semua sudah mencuci tangan dengan disinfektan,”  jelasnya sembari menyebut sebanyak 353 siswa yang melaksanakan UNBK.

Sebelumnya ada intruksi dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Jogja agar meniadakan kegiatan belajar mengajar di sekolah bagi siswa dengan mengganti pembelajarannya secara online di rumah, sampai ada regulasi dari Pemkot Jogja. Sekolah agar menyiapkan konsep belajar secara online atau belajar secara alternatif yang lain di rumah, sebagai bentuk KBM pengganti di sekolah selama 14 hari. (radarjogja.jawapos.com)

  • Dipublish : 17 Maret 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami