Usai Tes, Satu Pemain Persib Positif Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Salah satu tim peserta Liga 1 Indonesia musim 2020, Bhyangkara FC melaksanaan pemeriksaan virus korona untuk semua elemen klub berjuluk The Guardian tersebut. Langkah ini dilakukan untuk melihat potensi awak Bhayangkara FC terinfeksi virus Covid-19.

Bekerjasama dengan Rumah Sakit Royal Progress, Jakarta, tes virus dilakukan di Mees Bhyangkara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/3) kemarin. Tidak hanya tim peltaih dan pemain saja, para offisal tim, manajemen, karyaran serta para pekejer yang kerap beraktivitas di sekitar lingkungan klub juga tak luput dari pemeriksaan medis tersebut.

Ada dua tes yang dilakukan yakni pengambilan sampel darah dan x-ray thorax. Dalam beberapa hari ke depan bakal keluar dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tersebut.”Kami menjalani screening Covid-19. Hasilnya kami akan terima pada Senin (30/3).,” ujar dokter tim Bhayangkara FC, Muhammad Yusuf seperti dikutip dari situs resmi klub, Jumat (27/3). “Dari hasil tersebut baru bisa diketahui tindakan-tindakan apa saja yang diperlukan selanjutnya,” tambahnya menandaskan.

Langkah yang dilakukan Bhayangkara ini, sebelumnya telah ditunjukkan oleh peserta kompetisi Liga 1 Indonesia lainnya yakni, Persib Bandung. Ya, tim berjuluk Maung bandung itu juga sebelumnya melakukan hal yang sama kepada seluruh jajaran pemain di Mess Persib, Kamis (26/3) kemarin.

Dikatakan, Dokter Tim Persib, Raffi Ghani tes ini merupakan agenda yang sangat penting untuk skuat Pangeran Biru. Selain untuk memastikan tidak adanya yang terpapar virus corona, hasil tes juga sebagai salah satu syarat untuk pemain asing yang ingin pulang ke negara masing-masing. “Ini untuk mendeteksi sedini mungkin apakah terpapar atau tidak virus corona. Dan bagi pemain asing beberapa memerkukan keterangan bebas covid 19 untuk bisa pulang,” kata Raffi dikutip dari laman resmi Persib.

Namun pada Jumat (27/3) malam, Persib Bandung secara resmi mengumumkan bahwa salah satu pemain mereka positif terinveksi virus Corona. Meski demikian, tidak disebutkan nama pemain tersebut.

Pemain tersebut sekarang dalam kondisi tanpa gejala dan sedang menjalani isolasi mandiri yang dipantau tim dokter Persib sesuai dengan protokol pemerintah. Menyusul situasi tersebut, Persib bakal melakukan karantina terhadap para pemain dan ofisial Persib lain. Pembersihan menyeluruh dengan disinfektan juga akan dilakukan.

“Saat kami diberi tahu bahwa salah satu pemain kami didiagnosa Covid-19, kami langsung meminta pemain tersebut melakukan isolasi mandiri,” kata Direktur Utama Persib, Glenn Sugita seperti dikutip situs resmi klub.

“Tidak hanya itu, kami juga telah menginformasikan hal ini kepada pihak yang berwenang supaya bisa menekan risiko penyebaran Covid-19 dengan cara membantu mereka melakukan penelusuran kontak (contact tracing),” tambahnya.

Hal serupa juga diungkapkan, Raffi Ghani. Menurutnya saat ini kondisi sang pemain dalam keadaan normal dan tidak menunjukkan gejala apapun. “Setelah diketahui positif, kami selaku tim dokter langsung meminta dia untuk melakukan isolasi mandiri dan akan kami terus pantau kondisi kesehatannya. Kami juga memantau kondisi kesehatan pemain dan official Persib lainnya serta memberikan arahan untuk terus menjaga kesehatan,” tuntasnya. (gie/fin/tgr)

  • Dipublish : 28 Maret 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami