Warga Terserang Penyakit Diare Akibat Air PDAM Asin

Ilustrasi
Ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

SINJAI – Air PDAM Sinjai dalam satu pekan terakhir terasa asin ketika dikonsumsi. Hal ini memicu sejumlah warga terserang penyakit diare.

Kondisi itu dikekuhkan seorang warga Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Syamsidar. Ia bersama keluarganya terpaksa mengonsumsi meski air leding asin.

Akibatnya, beberapa kerabatnya terserang penyakit diare. “Kami tetap gunakan air asin mulai dari kebutuhan untuk konsumsi hingga kebutuhan lain. Tidak ada bersih kami dapat,” ujarnya, Minggu 6 Oktober.

Syamsidar berharap, agar kondisi ini segera dipulihkan. Minimal pemerintah melalui PDAM mendistribusikan air bersih melalui mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal sama dikeluhkan warga BTN Bumi Lappa Mas V Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara. Air PDAM yang mengalir ke rumah mereka tidak layak digunakan untuk keperluan mencuci dan mandi karena terasa asin.

Direktur PDAM Sinjai, Suratman, mengungkapkan, air leding asin karena tingginya volume air laut. Itu ketika terjadi air laut pasang pada pukul 12.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita.

Air tawar di Sungai Tangka mengalami pendangkalan. Volume air rendah dan dikuasai oleh air laut. “Sehingga masuk ke instalasi pompa produksi air baku PDAM dan mengakibatkan air asin sampai ke pelanggan,” jelasnya.

Kendati demikian, pihak PDAM bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sinjai untuk membuat tanggul darurat sepanjang 70 meter dengan tinggi dua meter dan lebar tiga meter. Hal itu guna membendung masuknya air laut ke wilayah pengisapan pompa air baku PDAM. (fin)

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 7 Oktober 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami