WhatsApp Blokir 2 Juta Akun di India dalam Sebulan, Ini Alasannya

Ilustrasi WhatsApp. Foto: Pixabay
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Pixabay
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Aplikasi pesan instan WhatsApp telah memblokir sebanyak dua juta pengguna di India dalam waktu sebulan terakhir.  Pemblokiran itu dilakukan WhatsApp untuk mencegah perilaku berbahaya di platform-nya, yang diterbitkan di bawah aturan baru tentang informasi teknologi di negara itu.

Di bawah aturan baru yang mulai berlaku Mei 2021 lalu, setiap perusahaan media sosial harus menerbitkan laporan kepatuhan setiap bulannya.

Laporan tersebut memerinci berapa banyak keluhan diterima dari pengguna India dan tindakan yang diambil perusahaan. Tidak hanya itu, perusahaan teknologi global juga harus mempekerjakan eksekutif lokal yang bisa membantu mengatur konten dan mengambil tindakan cepat dalam menanggapi keluhan hukum.

Aplikasi pesan singkat milik Facebook itu mengatakan lebih 95 persen dari 2 juta akun yang diblokir antara 15 Mei dan 15 Juni 2021 ditindak karena penggunaan pesan otomatis atau massal tidak sah (bot).

“Angka itu (akun yang ditindak) meningkat secara signifikan sejak 2019 lalu. Sebab, sistem kami juga telah mengalami perbaikan menjadi lebih canggih,” kata pihak WhatsApp dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN Business, Sabtu (17/7). “Perlu diingat, kami melarang sebagian besar akun ini secara proaktif, tanpa bergantung pada laporan pengguna,” sambungnya.

Pada tahun 2018 lalu, layanan WhatsApp mulai membatasi kemampuan pengguna di dunia untuk meneruskan (forward) pesan. sebagai Pusat COVID di Asia Pembatasan jumlah forward itu digulirkan setelah WhatsApp disalahkan atas serentetan kekerasan massal di India akibat hoaks yang beredar via aplikasi pesan singkat itu.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan mengatakan telah memblokir rata-rata delapan juta akun secara global per bulan. Saat ini, WhatsApp sudah dipakai lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia. Sementara di India, WhatsApp tecatat lebih dari 400 juta pengguna.  India pun menjadi pasar terbesar WhatsApp. (jpnn/jm)

  • Dipublish : 19 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami