Xi Jinping Telepon Trump, Tegaskan Tiongkok Bisa Atasi Virus Korona

Presiden Tiongkok, Xi Jinping, menelepon Donald Trump dan menegaskan pihaknya akan bisa mengatasi virus Korona (Reuters)
Presiden Tiongkok, Xi Jinping, menelepon Donald Trump dan menegaskan pihaknya akan bisa mengatasi virus Korona (Reuters)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tiongkok,- Penyebaran virus Korona jenis baru asal Wuhan, Tiongkok, sudah lintas negara dan di antaranya sampai di Amerika Serikat. Sudah lebih dari 10 orang di AS positif terinfeksi virus tersebut. Terkait penyebaran virus Korona dan menjaga baik hubungan kedua negara, Presiden Tiongkik, Xi Jinping menelepon Presiden AS Donald Trump pada Jumat (7/2) pagi.

Dalam sambungan telepon itu, Xi menegaskan Tiongkok mendesak pihak AS untuk menanggapi secara wajar wabah virus Korona. Xi juga mengklaim ada upaya Tiongkok yang berhasil dalam pencegahan dan pengendalian pasien virus Korona. Hal itu seperti dilansir dari Xinhua, Jumat (7/2).

Menurut Xi, upaya Tiongkok secara bertahap membuahkan hasil positif. Xi menekankan bahwa Tiongkok memiliki kepercayaan diri dan kemampuan penuh untuk mengatasi epidemi tersebut.

Tiongkok berharap AS menghadapi epidemi tersebut dengan cara yang tenang. Lalu mengadopsi dan menyesuaikan langkah-langkah responsnya dengan cara yang masuk akal.

Dia menambahkan bahwa kedua belah pihak harus selalu dapat menjaga komunikasi, memperkuat koordinasi, dan bekerja sama untuk mengatasi epidemi virus Korona. Kedua pemimpin itu juga berbicara tentang perjanjian ekonomi dan perdagangan fase pertama yang ditandatangani baru-baru ini.

Mereka sepakat untuk mendorong hubungan bilateral. Seperti yang dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya, wabah virus Korona sudah masuk tahap darurat global. Namun, WHO belum merekomendasikan larangan penerbangan atau perdagangan ke Tiongkok. (jp)

  • Dipublish : 8 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami