Xiaomi Lampaui Apple, Kini Kejar Samsung di Posisi Puncak

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Pembuat smartphone murah Xiaomi dilaporkan berhasil melampaui Apple untuk pertama kalinya. Xiaomi berhasil naik peringkat ke nomor dua global melampaui Apple dengan pangsa pasar 17 persen dan pertumbuhan 83 persen year-on-year (YoY).

Itu berdasarkan laporan firma riset pasar Canalys. Laporan yang sama menyebut bahwa kini tujuan Xiaomi yang baru adalah menggantikan Samsung yang berada di peringkat paling atas.

Pencapaian Xiaomi untuk pertama kalinya ini dicatatkan dalam laporan pasar smartphone global kuartal dua (Q2);2021 oleh Canalys. Canalys melalui laporan ini menjelaskan bahwa Xiaomi kini mengalami transformasi model bisnis dari penantang (challenger) menjadi petahana (incumbent) melalui inisiatif seperti konsolidasi mitra di channel penjualan serta manajemen yang lebih rapi.

Seperti bisa dilihat pada gambar, Xiaomi berhasil menguasai market share Q2 dengan perolehan 17 persen dan tumbuh sebesar 83 persen lebih dan duduk di posisi kedua. Di peringkat pertama ada Samsung yang menguasai 19 persen market share dan tumbuh lebih dari 15 persen.

Apple anjlok di posisi ketiga dengan hanya menguasai pangsa pasar sebesar 14 persen dan pertumbuhan hanya satu persen. Di posisi ke empat dan kelima ada Oppo dan Vivo yang menguasai masing-masing 10 persen pangsa pasar dan tumbuh lebih dari 27 persen.

Dalam surat kepada seluruh karyawan, pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun menegaskan bahwa menjadi nomor dua global merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan Xiaomi. “Xiaomi akan memperkuat kemampuan utamanya untuk memastikan diri sebagai brand smartphone kedua terbesar di dunia,” ujar Lei Jun melalui keterangan tertulisnya.

  • Dipublish : 19 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami